Kamis, 27 Januari 2011

Untuk Menjadi Insan Menyenangkan dan Berbahagia

MENERIMA KENYATAAN
Selalu sadar dan waspada, jujur pada diri sendiri dan keadaan saat ini. Relaks dan tenang dalam menghadapi tiap hal. Sikapi kondisi dengan bijaksana. Selesaikan tiap hal yang dihadapi dengan tuntas dan yakin bahwa segala usaha akan memberi kita hasil terbaik.

BERANI HADAPI TANTANGAN
Tenang dan berfikir positif. Keberanian adalah pertahanan diri paling ampuh. Selalu analisis secara intelektual dan mencari solusi dengan sikap mental yang benar. Keberanian adalah proses re-edukasi. Saat ketakutan dan keraguan datang, analisa dan berusahalah mengerti kenapa, dan biasanya kita akan menemukan sedikit saja alasan untuk takut dan khawatir.

GAUL DAN BERSOSIALISASI
Menemukan teman dan bersahabat dengan tulus. Kebahagiaan datang saat kita dapat menolong orang lain. Orang yang tidak mengharapkan apapun dari orang lain adalah orang yang selalu bahagia.

AMBISI MELAMPAUI KEMAPANAN
Teruslah bertumbuh, serta menjaga cita-cita untuk masa depan. Kebahagiaan saat meraih cita-cita akan menyusul gairah saat berusaha mencapainya. Teruslah bergerak meninggalkan zona nyaman, dan tetap berkembang seiring waktu.

YAKIN DAN PERCAYA DIRI
Selalu memulai dengan keyakinan akan sukses dan menang. Dengan yakin akan kemampuan diri, maka separuh dari target sudah di tangan. Sukses diawali dari keyakinan bahwa kita mampu dan bisa.

RENDAH DATI
Temukan teman, bergaul dengan baik, dan lalu berbahagia. Tunjukkan pengetahuan sesuai kebutuhan, dan raih rasa hormat melalui integritas. Maksimalkan kemampuan mendengar dalam berbicara, kita punya 2 telinga dan hanya 1 mulut. Kurangi dominasi, tingkatkan respect pada sesama.

SUBLIMASI TIDAK NARSIS
Perhatikan diri sendiri secukupnya sesuai kebutuhan. Lupakan masa lalu dan sejenak tinggalkan masalah diri. Beri batasan untuk bersikap sentimentil dan ketergantungan pada orang lain. Utamakan orang lain seperti kita mengutamakan diri sendiri.

BEKERJA DAN PRODUKTIF
Selalu mengikuti jadwal kerja yang sudah direncanakan. Aktiflah berkarya. Berilah arti dan manfaat keberadaan kita ketika berada di manapun. Selalu bersikap positif.

KONTROL DIRI DAN TOLERANSI
Selalu tenang dengan mengontrol diri. Amati pandangan dan perilaku orang lain dengan intelektualitas. Gunakan dan tingkatkan toleransi. Dunia jelas jelas selalu berisi keberagaman dan perbedaan.

CINTA KASIH
Selalu bertindak berdasarkan kasih. Memaafkan dan melupakan. Cinta kasih merupakan kekuatan hakiki yang dapat dimiliki setiap orang, dan sumber bahagia bagi siapa saja setiap saat setiap abad. Dan diantara semuanya, Cinta Kasihlah yang utama.

(Dari berbagai sumber, dilengkapi dengan pengalaman diri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar